Desain Rumah Tinggal Kos 8×15 Meter

Desain Rumah Tinggal Kos 8×15 Meter 3 Lantai

Kali ini Saya mengupas artikel mengenai desain rumah tinggal kos.  Disini saya akan mendeskripsikan desain rumah tinggal kos dengan model minimalis sederhana.

Desain ini, berada pada lahan seluas 120 meter persegi, dengan lebar tanah 8 meter dan panjang tanah 15 meter. Desain ini termasuk kategori desain rumah lebar 8 meter.

Konsep desain rumah tinggal & kos ini adalah dengan membagi fungsi berdasarkan letak. Di bagian depan digunakan untuk area rumah tinggal. Dibagian belakang digunakan untuk area kos. Dan di lantai 3 digunakan sebagai area servis.

desain rumah tinggal kos 8x15 meter 3 lantai

 

Mengapa di buat pemabagian area? Karena agar pemilik rumah tidak terganggu dengan aktifitas anak kos, dan juga sebaliknya. Sehingga nyaman digunakan walaupun ada aktivitas yang berbeda dalam satu tempat.  Ide pembuatan Rumah Tinggal & Kos ini sangat cocok apabila digunakan di daerah  perkotaan. Umumnya di daerah perkotaan lahan semakin terbatas, dan juga mahal. Sehingga dengan memanfaatkan dan memaksimalkan sisa lahan rumah yang belum terpakai menjadi solusinya.

Dalam desain rumah tinggal & kos ini, rumah tinggal  diperuntukan bagi keluarga tunggal (ayah, ibu & anak) beserta asisten rumah tangga sedangkan untuk kos nya ditargetkan untuk mahasiswa atau pegawai kantor yang memiliki kendaraan sepeda motor.

Denah Rumah Tinggal Kos 3 Lantai Minimalis

Berikut ini saya berikan contoh konsep denah dari rumah tinggal & kos 3 lantai minimalis. Contoh gambar denah mungkin tidak begitu detail tapi cukup untuk mewakili konsep desainnya secara keseluruhan.

 

 

denah lantai 1 rumah kos 8x15 meterdenah lantai 2 rumah tinggal kos 8x15 meter

denah lantai servis rumah tinggal kos 8x15 meter

Fasilitas Desain Rumah Tinggal Kos 8×15 meter

Desain Rumah Tinggal Kos 8×15 meter ini memiliki beberapa fasilitas baik bagi pemilik rumah maupun anak kos. Fasilitas bagi pemilik rumah adalah 3 ruang tidur, 3 kamar mandi, r. tamu, r. keluarga dan dapur disertai dengan area servis di lantai 3. Sedangkan fasilitas untuk anak kos adalah 4 kamar tidur dengan kamar mandi dalam, pantry dan ruang bersama.

Karena memiliki fungsi area yang berbeda, maka diperlukan jalur sirkulasi yang berbeda pula. Sirkulasi untuk pemilik rumah, dan sirkulasi untuk anak kos. Jadi tidak akan saling mengganggu privasi masing – masing.

Pada desain ini juga memaksimalkan penggunaan ruang terbuka atau taman. Sehingga rumah tinggal & kos masih cukup nyaman, tidak penggap dengan adanya celah untuk masuknya sinar matahari, dan pergantian udara yang cukup.

Dibawah ini merupakan artikel terkait, anda dapat mengkases dengan  link dibawah ini.

klik di sini

Desain Rumah Tinggal Kos 8×15 Meter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top